Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj Gubernur dan Forkopimda Aceh Ikuti Upacara Detik-detik Kemerdekaan RI Bersama Presiden

Jumat, 18 Agustus 2023 | 12.10 WIB Last Updated 2023-09-04T05:11:04Z
Banda Aceh – Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki bersama Wali Nanggroe dan Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, Kamis 17 Agustus 2023.

Upacara berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, dan diikuti oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Hadir juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istrinya Wury Ma’ruf Amin.

Selain itu juga hadir para menteri, Panglima TNI, Kapolri serta pejabat tinggi negara lainnya. Upacara itu disiarkan secara virtual dan diikuti oleh pejabat dari masing-masing provinsi.

Di Aceh, Upacara Detik-Detik Proklamasi diikuti melalui siaran virtual dari Gedung Serbaguna Setda Aceh. Penjabat Gubernur Achmad Marzuki pada kesempatan itu juga didampingi istrinya Ayu Marzuki. Selain itu hadir Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haythar, Sekda Aceh Bustami Hamzah dan Istri, Pimpinan Forkopimda Aceh.

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dimulai pukul 10.00 WIB, dimana pasukan upacara terlihat memasuki lapangan upacara disertai Komandan Upacara.

Acara dilanjutkan Penghormatan Kebesaran dan laporan Komandan Upacara kepada Presiden.

Selanjutnya pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang diikuti dengan mengheningkan cipta. Selanjutnya adalah pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian upacara dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Pusaka yang diiringi dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih yaitu Tim Indonesia Maju.

Pembawa bendera adalah Lilly Indriani Suparman Wenda. Lilly Indriani merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan yang saat ini menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Wamena.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, komandan upacara adalah Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan.
Berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Joko Setiyo Kurniawan saat ini menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Sementara yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka yaitu Kapten Mar Ganteng Prakoso. Saat ini, ia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Dia saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta. Dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989. []

Artikel Pilihan

Video Terpopuler

×
Berita Terbaru Update